cara kerja motor bakar 4 tak animasi
Definisi
Motor Bakar 4 Tak adalah mesin pembakaran dalam, yang dalam satu kali siklus pembakaran akan mengalami empat langkah piston atau dua kali putaran poros engkol untuk menghasil tenaga, dimana selama empat langkah kerja tersebut piston akan bergerak dari Titik Mati Atas (TMA) menuju Titik Mati Bawah (TMB) ataupun sebaliknya. Empat langkah kerja tersebut yaitu :
1. Langkah Hisap (intake)
2. Langkah Kompresi (compression)
3. Langkah Usaha / Tenaga (power)
4. Langkah Pembuangan (exhaust)
Pada prinsipnya agar motor bakar 4 tak ini menghasilkan tenaga yang optimal maka harus ada empat komponen sebagai berikut :
1. Udara
2. Bahan Bakar
3. Kompresi
4. Loncatan bunga api
Langkah Kerja Motor Bakar 4 Tak
1. Langkah Hisap (intake)
Pada langkah ini piston bergerak dari posisi TMA menuju TMB dengan katup Intake yang terbuka dan katub Exhaust tertutup sehingga ruang bakar akan mengalami vakum dan menghisap campuran udara dan bahan bakar yang sudah dikabutkan masuk ke dalam ruang bakar.
2. Langkah Kompresi (compression)
Pada langkah ini piston akan bergerak dari posisi TMB menuju TMA. Selama pergerakan tersebut seluruh katup akan tertutup dan mengakibatkan campuran udara dan bahan bakar akan termampatkan (terkompresi). Ketika posisi piston hampir menuju TMA , busi akan memercikkan api sehingga terjadi ledakan akibat pencampuran udara, bahan bakar dan percikan api di dalam ruang bakar.
3. Langkah Usaha/Tenaga (power)
Pada langkah ini piston bergerak dari TMA menuju TMB diakibatkan adanya ledakan yang terjadi sebelumnya. Ledakan ini mengahsilkan energi yang mengakibatkan piston terdorong yang sebelumnya dari posisi TMA menuju TMB sehingga akan mendorong dan memutar poros engkol dan menghasilkan energi gerak berupa putaran.
4. Langkah Buang (exhaust)
Pada Langkah ini Piston bergerak dari posisi TMB menuju TMA dengan katup Exhaust terbuka dan katup Intake tertutup sehingga ketika piston bergerak menuju TMA hasil pembakaran yang sebelumnya telah terjadi akan terdorong keluar melalui saluran katup Exhaust. Ketika piston akan sampai pada posisi TMA katup intake akan terbuka dan katup exhaust akan tertutup dan siklus akan terulang dari langkah pertama. Begitu seterusnya sehingga mesin akan terus menghasilkan tenaga gerak berupa putaran poros engkol.
Kelebihan dan Kekurangan Motor Bakar 4 Tak
Kelebihan
*Konsumsi bahan bakar lebih hemat
*Daya tahan mesin lebih bagus
*Emisi gas buang yang sedikit sehingga ramah lingkungan
*Biaya oprasional lebih hemat
*Daya tahan mesin lebih bagus
*Emisi gas buang yang sedikit sehingga ramah lingkungan
*Biaya oprasional lebih hemat
Kekurangan
*Respon atau akselerasi mesin kurang cepat
* Tenaga yang dihasilkan kurang besar
*Komponen yang lebih banyak dan rumit sehingga biaya perawatan lebih besar
Sumber
http://ilmupedia105.blogspot.com/2018/07/lengkap-cara-kerja-mesin-4-tak-beserta.html
http://www.insinyoer.com/prinsip-kerja-mesin-4-tak/
https://www.slideshare.net/mahardhi/diesel-engine-12793452
https://qtussama.wordpress.com/materi-ajar-x-tkr/motor-bakar/