Definisi Permesinan Kapal Secara Umum

00.48

1.         Mesin (Engine) adalah gabungan dari alat-alat yang bergerak (dinamis) dan alat-alat yang tidak bergerak (statis) yang bila bekerja dapat menimbulkan tenaga / energi.
2.         Motor adalah sebuah pesawat yang mengubah salah satu bentuk energi menjadi energi mekanik.
3.         Motor bakar adalah mesin yang menggunakan energi panas untuk melakukan kerja mekanik yang diperoleh dengan cara proses pembakaran bahan bakar. Ditinjau dari proses pembakaran energy, motor bakar dibagi menjadi dua :
3.1         Mesin pembakaran luar (External Combustion Engine)
adalah mesin yang menggunakan energi panas untuk melakukan kerja mekanik yang diperoleh dengan cara proses pembakaran bahan bakar yang terjadi diluar mesin, biasanya digunakan pada mesin uap serta turbin uap.
3.2         Mesin pembakaran dalam (Internal Combustion Engine)
adalah mesin yang menggunakan energi panas untuk melakukan kerja mekanik yang diperoleh dengan cara proses pembakaran bahan bakar didalam mesin itu sendiri (ruang bakar), biasanya digunakan pada motor bensin, motor diesel dan motor turbin gas.
4.         Motor bakar tekanan tinggi adalah sebuah pesawat yang pembakaran bahan bakarnya dilakukan dengan menggunakan tekanan kompresi udara yang sangat tinggi didalam silinder.
5.         Motor penggerak utama kapal (Main Engine) adalah sebuah pesawat tenaga yang mengubah suatu energi menjadi sebuah usaha untuk mengoperasikan kapal tersebut sehingga mampu melakukan olah gerak kapal baik dilaut maupun dipelabuhan.
6.         Mesin Bantu (Auxiliary Engine) unit-unit / instalasi-instalasi permesinan yang dibutuhkan untuk membantu pengoperasian kapal, termasuk untuk mesin induk, operasi muatan, pengemudian, navigasi dll.
7.         Mesin Generator (Generator Engine) adalah suatu instalasi mesin / unit penggerak generator atau pembangkit tenaga listrik, merupakan salah satu mesin bantu yang paling penting dikapal untuk menghasilkan tenaga / energi listrik. Jenis mesin ini biasanya mesin Diesel, kecuali dikapal yang menggunakan uap sebagai energi panasnya, mesin ini digerakkan dengan turbin uap
8.         Generator yaitu bagian yang menjadi satu dengan mesin generator yang mampu membangkitkan energi atau arus listrik yang dibutuhkan untuk operasi kapal seperti menjalankan motor-motor listrik untuk mesin kemudi, pompa, kompresor udara, serta untuk penerangan, pemanas, dll.
9.         Pompa-pompa (Pumps) adalah alat untuk memindahkan zat cair seperti air tawar, air laut, bahan bakar dan lain-lain, yang biasanya dilengkapi dengan sistem perpipaan, termasuk katup isap, katup tekan dan katup-katup lain, saringan, tangki-tangki, alat-alat pengaman dll. Ada beberapa jenis-jenis pompa diantaranya :
9.1         Pompa Pendingin Air Tawar (Fresh Water Cooling Pump) merupakan alat untuk memindahkan sekaligus mensirkulasikan air tawar melalui berbagai sistem pipa-pipa, pendingin (cooler), tangki ekspansi, berbagai katup, saringan dan lain-lain, berfungsi untuk mendinginkan blok silinder/badan mesin penggerak akibat terjadinya pembakaran didalam silinder mesin dengan baik.
9.2         Pompa Pendingin Air Laut (Sea Water Cooling Pump), merupakan alat yang mengisap air laut diluar kapal dan mensirkulasikannya untuk mendinginkan air tawar, minyak lumas dan lain-lain agar temperaturnya tetap pada temperatur yang dikehendaki. Setelah digunakan, air laut ini kembali dibuang ke laut.
9.3         Pompa Servis Umum (General Service Pump) merupakan unit pemindah air laut yang mempunyai fungsi ganda, artinya bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti pendingin air tawar, minyak lumas, juga untuk mengalirkan air laut untuk pemadaman kebakaran, dan lain-lain.
9.4         Pompa Minyak Lumas (Lube Oil Pump), merupaka unit pemindah minyak lumas yang dibutuhkan untuk melumasi bagian-bagian mesin yang saling bergesekan, sekaligus menyerap panas yang ditimbulkan akibat gesekan tersebut. Minyak lumas ini disirkulasikan melalui unit pendingin agar temperatur tidak melebihi ketentuan.
9.5         Pompa Bahan Bakar (Fuel Oil Pump) merupakan unit untuk memompakan bahan bakar terdiri dari berbagai unit, misalnya pompa transfer untuk memindahkan bahan bakar dari satu tangki ke tangki lain, atau pompa booster untuk mengalirkan bahan bakar ke unit-unit separator, dan/atau ke mesin-mesin dimana bahan bakar ini akan dibakar didalam silinder.
9.6         Pompa Ballast (Ballast pump), merupakan pompa yang digunakan untuk mengisi dan mengosongkan air laut ke dan dari tangki-tangki balas di kapal. Tangki-tangki ini dimaksudkan untuk menyeimbangkan kapal agar tegak dan tidak miring, atau untuk memperbaiki stabilitas kapal agar nilai GM-nya tetap positif, terutama sewaktu kapal dalam pelayaran tanpa muatan.
9.7         Pompa Got (Bilge Pump) merupakan salah satu pompa yang fungsinya untuk membuang air berminyak (oily water) yang ada di got (bilge) kamar mesin. Pompa ini harus dilengkapi unit separator air berminyak (oily water separator), agar cairan yang dibuang kelaut mengandung minyak tidak lebih dari 15 ppm.
9.8         Pompa Sanitari (sanitary pump)  baik untuk air tawar maupun air laut  yaitu pompa untuk menyalurkan air tawar maupun air laut ke sistem sanitair kapal, yaitu ke kamar-kamar mandi dan WC.
10.     Kompresor Udara (Air Compressor) yaitu unit yang berfungsi menyediakan udara dengan tekanan tertentu, biasanya antara 20 – 30 bar untuk berbagai kebutuhan, terutama untuk start mesin induk.
11.     Mesin Pendingin (Refrigerator) yaitu suatu instalasi permesinan yang terdiri dari kompresor, media pendingin, kondensor, katup ekspansi, evaporator dan lainlain, yang ditujukan untuk mendinginkan satu ruangan atau lebih serta ruangan untuk menyimpan bahan makanan diatas kapal.
12.     Pemindah panas (Heat Exchanger) yaitu unit yang berfungsi untuk memindahkan panas atau memanaskan suatu zat, terdiri dari :
12.1     Pendingin (Cooler) untuk Udara, Air Tawar, Minyak Lumas, dll., yaitu unit yang berfungsi menurunkan temperatur suatu zat agar temperaturnya konstan dan tidak melebihi ketentuan. Di unit ini selalu ada zat yang akan didinginkan dan zat atau media pendingin yang biasanya terdiri dari air laut. 
12.2     Pemanas (Heater) untuk Bahan Bakar, Minyak Lumas, Air Tawar, dll., yaitu peralatan untuk memanaskan suatu zat, misalnya bahan bakar agar kekentalannya turun, atauk memanaskan ruangan dimusin dingin, dll.
12.3     Kondensor (Condenser), yang pada dasarnya berfungsi untuk merubah bentuk zat dari uap atau gas menjadi bentuk cair. Unit ini biasanya terdapat pada turbin uap dan mesin pendingin.
13.     Ketel Uap (Steam Boiler) yaitu instalasi yang berfungsi untuk merubah air (tawar) menjadi uap yang mempunyai tekanan lebih dari 1 bar. Uap ini digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti menjalankan mesin atau turbin uap, media pemanas berbagai zat atau ruangan-ruangan akomodasi diwaktu musin dingin atau didaerah dingin. Bahkan sering digunakan didapur untuk keperluan berbagai alat pemanas makanan / minuman.
14.     Ketel Gas Buang (Exhaust Gas Boiler), terdapat pada kapal-kapal yang menggunakan mesin Diesel sebagai mesin induknya. Sewaktu mesin induk jalan, untuk menghemat bahan bakar, maka pemanasan air untuk dijadikan uap dilakukan dengan memanfaatkan panas gas buang mesin induk yang tidak terpakai lagi.
15.     Mesin-mesin Dek (Deck Machineries) yaitu unit-unit atau instalasi permesinan yang dibutuhkan untuk operasi kapal, termasuk sewaktu berlayar dilaut, maupun selama operasi muatan di pelabuhan. Unit-unit ini dioperasikan oleh awak kapal bagian dek, namun perawatan dan perbaikannya dibawah tanggung jawab awak kapal mesin.
16.     Mesin Kemudi (Steering Gear), instalasi penggerak daun kemudi untuk merubah arah / haluan kapal. Unit mesinnya terletak diburitan, diatas batang kemudi, namun dapat dioperasikan dari anjungan melalui unit telemotor.
17.     Mesin Jangkar (Windlass) yaitu unit mesin yang berada dihaluan kapal, untuk menurunkan dan menaikkan jangkar sewaktu berlabuh diluar pelabuhan.
18.     Mesin Kapstan (Penarik tali tambat) yaitu unit yang dibutuhkan untuk menggulung dan/atau mengulur tali tambat, sewaktu kapal akan sandar atau lepas dari dermaga.
19.     Mesin Pengangkat Muatan (Crane), unit-unit mesin untuk mengangkat muatan keatas kapal dan memasukkannya kedalam palka (ruang muat kapal) atau menaikkan muatan jika akan dibongkar ke dermaga.
20. Line Houler yaitu alat yang digunakan untuk membantu menarik tali utama (main line) pada kapal rawai / Long Line
21. Power Block yaitu alat yang digunakan untuk membantu menarik jaring pada kapal purse seine
22. Power Winch yaitu alat yang digunakan untuk membantu menarik tali kerut (purse line) pada kapal purse seine
23. Net Houler yaitu alat yang digunakan untuk membantu menarik tali utama pada kapal jaring insang





Sumber : 
http://www.maritimeworld.web.id
http://perikanan38.blogspot.com/2017/01/alat-bantu-penangkapan-ikan.html

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar