1.
Mesin
(Engine) adalah gabungan dari
alat-alat yang bergerak (dinamis) dan
alat-alat yang tidak bergerak (statis)
yang bila bekerja dapat menimbulkan tenaga / energi.
2.
Motor
adalah sebuah pesawat yang mengubah salah satu bentuk energi menjadi energi
mekanik.
3.
Motor
bakar adalah mesin yang menggunakan energi panas untuk melakukan kerja mekanik
yang diperoleh dengan cara proses pembakaran bahan bakar. Ditinjau dari proses
pembakaran energy, motor bakar dibagi menjadi dua :
3.1
Mesin
pembakaran luar (External Combustion
Engine)
adalah mesin yang
menggunakan energi panas untuk melakukan kerja mekanik yang diperoleh dengan
cara proses pembakaran bahan bakar yang terjadi diluar mesin, biasanya
digunakan pada mesin uap serta turbin uap.
3.2
Mesin
pembakaran dalam (Internal Combustion
Engine)
adalah mesin yang
menggunakan energi panas untuk melakukan kerja mekanik yang diperoleh dengan
cara proses pembakaran bahan bakar didalam mesin itu sendiri (ruang bakar),
biasanya digunakan pada motor bensin, motor diesel dan motor turbin gas.
4.
Motor
bakar tekanan tinggi adalah sebuah pesawat yang pembakaran bahan bakarnya
dilakukan dengan menggunakan tekanan kompresi udara yang sangat tinggi didalam
silinder.
5.
Motor
penggerak utama kapal (Main Engine)
adalah sebuah pesawat tenaga yang mengubah suatu energi menjadi
sebuah usaha untuk mengoperasikan kapal tersebut sehingga mampu melakukan olah
gerak kapal baik dilaut maupun dipelabuhan.
6.
Mesin
Bantu (Auxiliary Engine) unit-unit / instalasi-instalasi permesinan yang dibutuhkan
untuk membantu pengoperasian kapal, termasuk untuk mesin induk, operasi muatan,
pengemudian, navigasi dll.
7.
Mesin
Generator (Generator Engine) adalah
suatu instalasi mesin / unit penggerak generator atau pembangkit tenaga
listrik, merupakan salah satu mesin bantu yang paling penting dikapal untuk
menghasilkan tenaga / energi listrik. Jenis mesin ini biasanya mesin Diesel,
kecuali dikapal yang menggunakan uap sebagai energi panasnya, mesin ini
digerakkan dengan turbin uap
8.
Generator
yaitu bagian yang menjadi satu dengan mesin generator yang mampu membangkitkan
energi atau arus listrik yang dibutuhkan untuk operasi kapal seperti
menjalankan motor-motor listrik untuk mesin kemudi, pompa, kompresor udara, serta
untuk penerangan, pemanas, dll.
9.
Pompa-pompa
(Pumps) adalah alat untuk memindahkan
zat cair seperti air tawar, air laut, bahan bakar dan lain-lain, yang biasanya
dilengkapi dengan sistem perpipaan, termasuk katup isap, katup tekan dan
katup-katup lain, saringan, tangki-tangki, alat-alat pengaman dll. Ada beberapa
jenis-jenis pompa diantaranya :
9.1
Pompa
Pendingin Air Tawar (Fresh Water Cooling
Pump) merupakan alat untuk memindahkan sekaligus mensirkulasikan air tawar
melalui berbagai sistem pipa-pipa, pendingin (cooler), tangki ekspansi, berbagai katup, saringan dan lain-lain,
berfungsi untuk mendinginkan blok silinder/badan mesin penggerak akibat
terjadinya pembakaran didalam silinder mesin dengan baik.
9.2
Pompa
Pendingin Air Laut (Sea Water Cooling
Pump), merupakan alat yang mengisap air laut diluar kapal dan
mensirkulasikannya untuk mendinginkan air tawar, minyak lumas dan lain-lain
agar temperaturnya tetap pada temperatur yang dikehendaki. Setelah digunakan,
air laut ini kembali dibuang ke laut.
9.3
Pompa
Servis Umum (General Service Pump)
merupakan unit pemindah air laut yang mempunyai fungsi ganda, artinya bisa
digunakan untuk berbagai keperluan seperti pendingin air tawar, minyak lumas,
juga untuk mengalirkan air laut untuk pemadaman kebakaran, dan lain-lain.
9.4
Pompa
Minyak Lumas (Lube Oil Pump), merupaka
unit pemindah minyak lumas yang dibutuhkan untuk melumasi bagian-bagian mesin
yang saling bergesekan, sekaligus menyerap panas yang ditimbulkan akibat
gesekan tersebut. Minyak lumas ini disirkulasikan melalui unit pendingin agar
temperatur tidak melebihi ketentuan.
9.5
Pompa
Bahan Bakar (Fuel Oil Pump) merupakan
unit untuk memompakan bahan bakar terdiri dari berbagai unit, misalnya pompa
transfer untuk memindahkan bahan bakar dari satu tangki ke tangki lain, atau
pompa booster untuk mengalirkan bahan bakar ke unit-unit separator, dan/atau ke
mesin-mesin dimana bahan bakar ini akan dibakar didalam silinder.
9.6
Pompa
Ballast (Ballast pump), merupakan pompa
yang digunakan untuk mengisi dan mengosongkan air laut ke dan dari
tangki-tangki balas di kapal. Tangki-tangki ini dimaksudkan untuk
menyeimbangkan kapal agar tegak dan tidak miring, atau untuk memperbaiki
stabilitas kapal agar nilai GM-nya tetap positif, terutama sewaktu kapal dalam
pelayaran tanpa muatan.
9.7
Pompa
Got (Bilge Pump) merupakan salah satu
pompa yang fungsinya untuk membuang air berminyak (oily water) yang ada di got (bilge)
kamar mesin. Pompa ini harus dilengkapi unit separator air berminyak (oily water separator), agar cairan yang
dibuang kelaut mengandung minyak tidak lebih dari 15 ppm.
9.8
Pompa
Sanitari (sanitary pump) baik untuk air tawar maupun air laut yaitu pompa untuk menyalurkan air tawar maupun
air laut ke sistem sanitair kapal, yaitu ke kamar-kamar mandi dan WC.
10. Kompresor Udara (Air Compressor) yaitu unit yang berfungsi menyediakan udara dengan
tekanan tertentu, biasanya antara 20 – 30 bar untuk berbagai kebutuhan,
terutama untuk start mesin induk.
11. Mesin Pendingin (Refrigerator) yaitu suatu instalasi permesinan yang terdiri dari
kompresor, media pendingin, kondensor, katup ekspansi, evaporator dan lainlain,
yang ditujukan untuk mendinginkan satu ruangan atau lebih serta ruangan untuk
menyimpan bahan makanan diatas kapal.
12. Pemindah panas (Heat
Exchanger) yaitu
unit yang berfungsi untuk memindahkan panas atau memanaskan suatu zat, terdiri
dari :
12.1 Pendingin (Cooler) untuk Udara, Air Tawar, Minyak Lumas, dll., yaitu unit yang
berfungsi menurunkan temperatur suatu zat agar temperaturnya konstan dan tidak
melebihi ketentuan. Di unit ini selalu ada zat yang akan didinginkan dan zat
atau media pendingin yang biasanya terdiri dari air laut.
12.2 Pemanas (Heater) untuk Bahan Bakar, Minyak Lumas, Air Tawar, dll., yaitu
peralatan untuk memanaskan suatu zat, misalnya bahan bakar agar kekentalannya
turun, atauk memanaskan ruangan dimusin dingin, dll.
12.3 Kondensor (Condenser), yang pada dasarnya berfungsi untuk merubah bentuk zat
dari uap atau gas menjadi bentuk cair. Unit ini biasanya terdapat pada turbin
uap dan mesin pendingin.
13. Ketel Uap (Steam Boiler) yaitu instalasi yang berfungsi untuk merubah air
(tawar) menjadi uap yang mempunyai tekanan lebih dari 1 bar. Uap ini digunakan
untuk berbagai kebutuhan seperti menjalankan mesin atau turbin uap, media
pemanas berbagai zat atau ruangan-ruangan akomodasi diwaktu musin dingin atau
didaerah dingin. Bahkan sering digunakan didapur untuk keperluan berbagai alat
pemanas makanan / minuman.
14. Ketel Gas Buang (Exhaust Gas Boiler), terdapat pada kapal-kapal yang menggunakan
mesin Diesel sebagai mesin induknya. Sewaktu mesin induk jalan, untuk menghemat
bahan bakar, maka pemanasan air untuk dijadikan uap dilakukan dengan
memanfaatkan panas gas buang mesin induk yang tidak terpakai lagi.
15. Mesin-mesin Dek (Deck Machineries) yaitu unit-unit atau instalasi permesinan yang
dibutuhkan untuk operasi kapal, termasuk sewaktu berlayar dilaut, maupun selama
operasi muatan di pelabuhan. Unit-unit ini dioperasikan oleh awak kapal bagian
dek, namun perawatan dan perbaikannya dibawah tanggung jawab awak kapal mesin.
16. Mesin Kemudi (Steering Gear), instalasi penggerak daun kemudi untuk merubah arah
/ haluan kapal. Unit mesinnya terletak diburitan, diatas batang kemudi, namun
dapat dioperasikan dari anjungan melalui unit telemotor.
17. Mesin Jangkar (Windlass) yaitu unit mesin yang berada dihaluan kapal, untuk
menurunkan dan menaikkan jangkar sewaktu berlabuh diluar pelabuhan.
18. Mesin Kapstan (Penarik tali tambat)
yaitu unit yang dibutuhkan untuk menggulung dan/atau mengulur tali tambat,
sewaktu kapal akan sandar atau lepas dari dermaga.
19. Mesin Pengangkat Muatan (Crane), unit-unit mesin untuk mengangkat
muatan keatas kapal dan memasukkannya kedalam palka (ruang muat kapal) atau
menaikkan muatan jika akan dibongkar ke dermaga.
20. Line Houler yaitu alat yang digunakan untuk membantu menarik tali utama (main line) pada kapal rawai / Long Line
21. Power Block yaitu alat yang digunakan untuk membantu menarik jaring pada kapal purse seine
22. Power Winch yaitu alat yang digunakan untuk membantu menarik tali kerut (purse line) pada kapal purse seine
23. Net Houler yaitu alat yang digunakan untuk membantu menarik tali utama pada kapal jaring insang
Sumber :
http://www.maritimeworld.web.id
http://perikanan38.blogspot.com/2017/01/alat-bantu-penangkapan-ikan.html
23. Net Houler yaitu alat yang digunakan untuk membantu menarik tali utama pada kapal jaring insang
Sumber :
http://www.maritimeworld.web.id
http://perikanan38.blogspot.com/2017/01/alat-bantu-penangkapan-ikan.html