SISTEM PELUMASAN

20.44





Pengertian Pelumasan
Pelumasan adalah pemisahan dari dua permukaan benda padat yang begerak secara tangensial terhadap satu sama lain dengan cara menempatkan suatu zat diantara kedua benda padat tadi.

Fungsi Pelumasan
    a.       Mengurangi tingkat keausan pada benda yang saling bergerak bergesekan
    b.       Mengurangi timbulnya panas yang berlebihan
    c.       Sebagai media pendingin
    d.       Sebagai zat perapat kebocoran
    e.       Sebagai zat pembersih
    f.        Mencegah korosi
    g.       Sebagai peredam suara dari getaran  

Sifat-sifat Minyak Pelumas
a.         Umum
Beberapa faktor yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan minyak pelumas adalah :
1.   Tekanan bantalan
2.   Kecepatan pergesekan
3.   Bahan yang bergesekan
4.   Ruang antara bahan yang bergesekan
5.   Aksesabilitas
6.   Suhu dan tekanan kerja
b.         Viskositas (kekentalan)

Perubahan Warna Minyak Pelumas
     a.     Warna merah berarti minyak tercampur bensin
     b.     Warna kelabu berarti bercampur serbuk bantalan
     c.     Warna susu berarti bercampur dengan air
     d.     Warna coklat berarti bercampur dengan karbon

Bagian-bagian yang dilumasi
Umumnya bagian-bagian yang dilumasi pada motor diesel ialah semua bagian-bagian yang saling bergesekan misalnya :
     a.     Antara torak dan tabung silinder
     b.     Antara poros dengan bantalan poros
     c.     Antara roda-roda gigi dan sebagainya

Macam-macam Sistem Pelumasan
1.      Sistem pelumasan sump kering
Sistem pelumasan yang tidak memanfaatkan karter / bak minyak pelumas sebagai penampung minyak pelumas, tetapi menggunakan tanki tersendiri diluar mesin.
2.      Sistem pelumasan sump basah
Sistem pelumasan sump basah ialah sistem pelumasan yang memanfaatkan karter / bak minyak pelumas sebagai penampung minyak pelumas

Tipe sistem sump basah yang umum diguunakan ialah :
     a.       Sistem percikan dan sirkulasi pompa
     b.       Sistem percikan dan tekanan
     c.       Sistem tekanan

Organisasi Minyak Pelumas
      a.     SAE        : Society of Automotive Engineers
      b.     API         : American Petroleum Institute
      c.     ASTM      : American Society for Testing Materials
      d.     JASO      : Japan Automobile Standard Organization

  












Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar