KEBOCORAN DIKAPAL

12.18


Keselamatan Pelayaran didefinisikan sebagai suatu keadaan terpenuhinya persyaratan keselamatan dan keamanan yang menyangkut angkutan diperairan dan kepelabuhan.
Keadaan gangguan pelayaran tersebut sesuai situasi dapat dikelompokkan menjadi keadaan daruratyang didasarkan pada jenis kejadian itu sendiri, sehingga keadaan darurat ini dapat disusun sebagaiberikut :
1. Tubrukan
2. Kebakaran/ledakan
3. Kandas
4. Kebocoran/tenggelam
5. Orang jatuh ke laut
6. Pencemaran

Penyebab Kecelakan Pelayaran :
·   Faktor manusia
·   Faktor teknis
·   Faktor alam

Keadaan Darurat Kebocoran / Tenggelam
Kebocoran  berasal dari kata bocor yang berarti berlubang sehingga air atau udara dapat keluar atau masuk (KBBI versi online). 
Kebocoran pada kapal dapat terjadi karena kapal kandas, tetapi dapat juga terjadi karena tubrukan maupun kebakaran serta kerusakan kulit pelat kapal karena korosi, atau kurang perarawatan, sehingga kalau tidak segera diatasi kapal akan segera tenggelam, air yang masuk dengan cepat sementara kemampuan mengatasi kebocoran terbatas, bahkan kapal menjadi miring membuat situasi sulit diatasi.
Keadaan darurat ini akan menjadi rumit apabila pengambilan keputusan dan pelaksanaannya tidak didukung sepenuhnya oleh seluruh anak buah kapal, karena upaya untuk mengatasi keadaan tidak didasarkan pada azas keselamatan dan kebersamaan. 
Kapal yang bocor tersebut harus segera dilakukan perbaikan agar tidak tenggelam dalam mengarungi lautan. Berbagai metode perbaikan dapat dilakukan terhadap kapal yang bocor tersebut. Langkah perbaikan yang harus dilaksanakan yaitu :
·   Laksanakan prosedur standar yang telah ditetapkan oleh nahkoda kapal untuk penanganan kebocoran.
·   Setiap kerani kapal harus menjalankan prosedur perbaikan seperti yang diatur dalam prosedur berdasarkan kapasitasnya masing-masing.
·   Lakukan prosedur perbaikan seperti saat simulasi dan saling berkoordinasi.
·   Seorang nahkoda harus memantau perbaikan setiap tahapannya.
·   Jika semua prosedur telah dilaksanakan, namun kebocoran tidak dapat ditanggulangi  maka lakukan antisipasi penyelamatan semua kru

Lintas Penyelamatan Diri
Didalam keadaan darurat dimana kepanikan sering terjadi maka kadang-kadang untuk mencapai suatu tempat, misalnya secoci sering mengalami kesulitan, untuk itu para pelayar terutama awak kapal harus mengenal/ mengetahui dengan lintas penyelamatan diri (escape routes), komunikasi didalam kapal itu sendiri dan sistem alarmnya. Di kapal lintas penyelamatan diri secara darurat (escape router) dapat ditemui pada tempat-tempat tertentu seperti di kamar mesin, ruang akomodasi, dll.
















Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Keselamatan_pelayaran
http://repository.pip-semarang.ac.id/1732/2/51145153%20N_Open_Acces.pdf
http://arifan-pc.blogspot.com/2014/02/memperbaiki-kapal-bocor.html
















Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar